Posted on Leave a comment

Sejarah dan Kenapa Karpet Turki Sangat Terkenal ?

Kenapa Karpet Turki Begitu Terkenal?

karpet turki

Sering kita dibuat terpadan ketika masuk kedalam sebauh ruangan kemudian kita melihat keindahan dari karpet permadani yang terbentang ditengah-tengah ruangan dengan motif yang cantik,ketika tubuh kita menyentuh karpet maka kita akan merasakan kelembutan dari karpetnya.Ada banyak negara yang saat ini menjadi produsen karpet diantaranya Iran,Pakistan,Afghanistan dan Turki.Tapi yang saat ini paling terkenal adalah karpet buatan Turki.Bagi kamu yang penasaran kenapa Karpet Turki begitu terkenal dan sejarah tentang Karpet Turki,kamu bisa simak pembahasannya dibawah ini !

Karpet Turki juga mempunyai nama lain yaitu Anatolia,karena menurut sejarah awal sejarahnya dulunya suku-suku pengrajin karpet dari Asia Tengah yang nomaden kemudian menetap disalah satu wilayah Turki yaitu Anatolia.Untuk produknya banyak dipengaruhi oleh orang-orang dari negara Yunani yang datang pada abada ke 16 dan abad ke 17 yang pada masa itu telah mendominasi pembuatan karpet.

Sedangkan karpet tertua pernah ditemukan pada abada ke 13 di kota Sivas, Kayseri dan Konya yang sejak dulu memang telah menjadi pusat dari pembuatan karpet.Selama priode transisi pada abad ke 14 hingga abada ke 15, didominasi dengan motif-motif hewan dan tumbuhan. Mulai bada ke 16 berhasil mencapai kesuksesanan dengan karpet Anatolia.Pada zaman itu disebut dengan Permadani Ottoman Klasik.
Alasan kenapa disebut permadani karena desain dan warna akan ditentukan oleh salah satu seniman di instaran.dan kemudian akan dikirim ke pusat sentra anyam.

Kota-kota seperti Gordes, Kula, Milas, Ladik,Mucur,Kirsehir dan Bandirma menjadi salah satu punya anyaman Turki hingga abad ke 18.
Desain motif karpet mulai berganti menggunakan motif tumbuhan yang terdiri dari cabang-cabang yang memutar, daun, bunga tulis, anyelir dan eceng gondok, ditenun dengan gaya naturalistik dan membentuk komposisi dasar karpet.Dalam Islam ada aturan yang tidak membolehkan menggambar manusia dan hewan sehingga penduduk Turki yang mayoritas beragama Islam mulai mengganti motif dengan tumbuhan.


Karpet Permadani Turki kini mulai dikenal luas dan menyebar hingga ke seluruh duani karena keindahan dan kualitas produknya, pada awalanya karpet yang digunakan oleh para bangsana dan Sultan Kekaisaran Ottoman.Karpet Sutra terbaik yang dulu ditenun untuk Sultan sampai saat ini masih ditenun di kota Hereke ( Kota didekat Istanbul ) hari ini dan dapat dinikmati oleh banyak orang.

Jenis pembuatan dan diklasifikasikan menurun bahan yang digunakan : Ada Sutra, Sutra diatas Sutra, Campuran Wool dan Kapas, Viscose pada kapas Kilims dan Tulu.Karpet yang lebih tebal terdiri dari wol dan katun.

Kerajinan karpet tenun adalah kerajinan tangan yang terdiri dari dua bagian yang dibentuk dengan benang vertikal dan horizontal yang disebut dengan “warps” dan “wefts” dan bagian yang menyerupai gambar dan seperti beludru yang disebut “tumpukan” karpet dibuat dengan cara mengaitkan berbagai warna dari utas.Untuk membentuk motif, ada dua teknik simpul : simpul non simetris ( persia ) dan simpul ganda (Turki).
Sedangkan untuk pewarnaan karpet ada dua jenis warna yang digunakan diantaranya pewarna nabati dan pewarna kimia.

Karpet yang dibuat dengan menggunakan pewarna alami yang berasal dari tanaman,binatang dan mineral yang paling disukai.Kerajinan pewarnaan yang telat ditingkatkan beradasarkan pengalaman yang sudah dijalani selama berabad-abad di kota Anatolia. 
Semoga informasinya bisa bermanfaat untuk kalian

Baca Juga : Toko Karpet Masjid Terbaik Di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *