Posted on Leave a comment

6 Tips Merawat Karpet sesuai Jenis Material

Salah satu cara agar dekorasi ruangan di rumah kamu menjadi lebih menarik adalah dengan menambahkan karpet.Kehadiran karpet didalam ruangan bisa membuat suasana di rumah kamu menjadi lebih hangat dan nyaman.

Kamu bisa meletakan karpet di berbagai ruangan yang ada di rumah kamu,mulai dari kamar tidur,ruang berkumpul keluarga bahkan kamar mandi.Fungsi lain karpet selain sebagai alas penutup lantai,karpet juga berfungsi untuk menghilangkan kotoran dan debu yang ada pada lantai.Karpet juga bisa jadikan alas duduk untuk berkumpul bersama keluarga.

Mungkin karena sering digunakan karpet dirumah kamu jadi mudah kotor, maka dari itu karpet harus sering dirawat dan dibersihkan agar karpet tidak menjadi sarang kuman dan bakteri.

merawat karpet

Beberapa Tips Cara Merawat Karpet Sesuai Material & Bahan Yang Digunakan

Merawat karpet dan membersihkan karpet ternyata tidak bisa sembarang dilakukan,jika salah maka karpet yang kamu miliki bukannya bersih malah bisa merusak.Maka dari itu karpet harus dirawat sesuai dengan jenis material yang digunakan.Kamu penasaran? Yuk simak pembahasannya dibawah ini !

1. Merawat Karpet Bahan Wol

Karpet berbahan wol biasanya terdiri dari serat-serat yang mudah kotor dan bisa menimbun debu.Oleh karena itu kamu harus membersihkan karpet berbahan wol secara teratur agar keluarga tidak terkontaminasi oleh debu yang ada pada karpet dan supaya keluarga sehat.

Menggunakan karpet berbahan wol sebagai dekorasi memang merupakan pilihan yang tepat,tidak hanya dapat membuat nyaman jika dijadikan tempat untuk dudul, karpet wol juga bisa memberikan ruangan didalam rumah menjadi lebih estetik.

Untuk kamu yang saat ini memiliki karpet wol, simak beberapa tips yang tepat dalam merawat dan membersihkan karpet.

  1. Menggunakan vacum cleaner satu atau dua bulan sekali
    Kamu dapat membersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan debu yang menempel pada karpet.Namun kamu juga tidak boleh terlalu sering menggunakan vacuum cleaner karena dapat merusak serat yang ada pada karpet.
  2. Bersihkan dengan menggunakan sapu lidi
    Untuk dapat menghilangkan debu yang ada pada karpet, kamu bisa menggunakan sapu lidi, namun kamu juga harus tau dan memperhatikan cara membersihkannya.Karpet wol mudah rusak jika kamu memukulnya dengan keras.
  3. Cukup bersihkan dengan air dan detergen
    Kamu bisa membasahi area yang terkena noda dengan campuran air dan detergen, kamu bisa kucek atau usah dengan menggunakan tangan.Jangan menggunakan sikat pakaian.
  4. Jemur Karpet Dibawah Sinar Matahari
    Agar dapat menghilangkan debu dan tungau, maka jemurlah karpet dibawah cahaya matahari selama beberapa jam.

2. Karpet Bulu Sintetis

Karpet berbahan bulu sintetis menjadi salah satu furnitur yang dicari banyak orang,selain teksturnya yang lembut dan juga empuk, karpet berbahan ini juga memiliki warna dan desain yang enak dipandang.Mulai dari kamar tidur,hingga ruangan televisi, bisa kamu tambahkan karpet bulu supaya dekorasi di rumah lebih maksimal.

Agar karpet bulu tetap memiliki tekstur yang lembut, kamu juga harus membersihkan karpet dengan cara yang benar.Kamu bisa menyimak beberapa tips berikut ini.

  1. Jangan Menggunakan Sapu Ijuk
    Sapu ijuk bisa membuat bulu-bulu pada karpet menjadi rusak, jika kamu menemukan kotoran yang menempel pada karpet, kamu cukup membersihkan dengan kain atau sikat yang lembut.
  2. Sikat Dengan Cara Yang Lembut
    Cara sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengibaskan karpet supaya bulu yang menempel bisa menghilang, atau kamu bisa menyikatnya dengan sikat yang lembut agar bisa membersihkan debu dan kotoran secara maksimal.
  3. Menggunakan Vacuum Cleaner
    Kamu bisa membersihkan karpet dikedua sisi dengan menggunakan vacuum cleaner.Untuk bagian bulu kamu bisa melapiskan karpet dengan kain terlebih dahulu agar tidak rusak.
  4. Menggunakan Cuka atau Baking Soda
    Kamu dapat menggunakan campuran antara cuka,baking soda dan air lalu kamu bisa membersihkan noda secara perlahan.
  5. Jemur karpet
    Kamu bisa menjemur karpet minimal satu kali dalam satu minggu agar bakteri dan kuman yang ada pada karpet bisa menghilang.

3. Karpet Berbahan Kulit

Karpet berbahan kulit dapat memberikan kesan mewah dan elegan pada ruangan.Cara terbaik merawat karpet kulit bisa terbilang mudah.Kamu cukup membawanya ke tempat laundry khusus karpet.Akan tetapi harga untuk mencuci karpet kulit biasanya cenderung lebih mahal.

Agara dapat menghemat, kamu juga bisa menggunakan tangan untuk membersihkan karpet.Perhatikan terlebih dahulu catatan atau label perawatan sebelum kamu mebersihkan karpet.Hal ini dilakukan agar kulit karpet tidak rusak.

Simak beberapa tips dalam membersihkan dan merawat karpet berbahan kulit.

  1. Jangan Menggunakan Air Panas
    Isi bak besar yang akan digunakan untuk membersihkan karpet dengan menggunakan air dingin atau air hangat dan bukan air panas.Karena air panas dapat membuat karpet kulit rusak dan seratnya bisa menyusut.
  2. Gunakan detergen khusus untuk produk dari kulit
    Gunakan detergen khusus yang untuk karpet kulit.Detergen ini biasanya mempunyai kandungan enzim biologis apapun.Kamu dapat membelinya di toko online atau di toko alat-alat kebersihan.
  3. Jangan menggunakan pelembut kain
  4. Jangan dijemur dibawah sinar matahari langsung
  5. Gosok dengan menggunakan sikat khusus

4. Karpet Berbahan Sutra

Jika kamu menyukai dekorasi ruangan klasik atau luxury,pasti kamu akan menggunakan karpet berbahan sutra.Karena karpet ini mempunyai nilai estetika yang tinggi.

Kamu bisa membersihkan karpet jenis sutra di tempat mencuci karpet khusus, namun kamu juga bisa merawat karpet sutra sendiri dirumah mu.Penasaran tips nya? Yuk simak pembahasannya dibawah ini!

  1. Menggunakan Vacuum Cleaner
    Bersihkan karpet dengan menggunakan vacuum cleaner setiap minggunya, kamu tidak perlu menambahkan karpet untuk membersihkan karpet jenis ini.
  2. Jemur Karpet di Tempat Yang Teduh
    Agar bakteri,debu dan tungau yang ada pada karpet menghilang, kamu bisa menjemurnya dibawah tempat yang teduh.
  3. Membersihkan Dengan Sapu Atau Rotan
    Kamu bisa menepuk-nepuk karpet menggunakan sapu atau rotan untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel disela-sela karpet.
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *